majalah : Online atau cetak?

Posted by Digit Galih Editya | Posted on 4/28/2011 08:30:00 AM

Pengembangan dan cara apa yang dilakukan oleh surat kabar online sebagai alternatif menghadapi pesaing nya? cara yang dilakukan oleh surat kabar online untuk menghadapi pesaingnya yaitu dengan cara menyajikan informasi seakurat dan secepat mungkin untuk memenuhi kebutuhan berita para pembacanya, dan memberikan fasilitas agar berita tersebut mudah diakses khalayak.Kemudahan dalam mengakses informasi kapan pun dimanapun tanpa perlu menyita waktu menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh media online. Proses penyebaran informasi nya pun lebih cepat sehingga dalam waktu yang singkat.Selain itu, surat kabar online sebagai alternatif seperti kompas.com, detik.com, vivanews.com dan masih banyak lainnya seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dengan adanya informasi yang berkembang dengan pesat, mudah dan dipercaya oleh semua orang pada kalangan umum di seluruh dunia.


Dalam cara apa koran online menawarkan ilusi interaktivitas, tetapi bukan realitas? Dimana kekuatan editorial nyata terletak, menurut Katz? Koran online menawarkan ilusi interaktivitas dengan cara membuka forum-forum dilengakapi alat-alat interaktif antara pembaca dan pendengarnya untuk memberi kebebasan mengeluarkan komentar atau pendapat kepada para khalayak untuk media online tersebut. dengan adanya forum tersebut, pembaca bisa menanggapi langsung tentang berita yang muncul dan bisa menjadi tempat untuk diskusi antar pembaca bahkan pembaca bisa memberikan kritik langsung, dengan demikian komunikasi dua arah pun terjadi.
Bagaimana ledakan media baru benar-benar membuat koran-koran dan
wartawan lebih penting, perlu dan berguna dibandingkan sebelumnya?peran wartawan dalam mencari berita sangat penting dan diperlukan dalam proses pencarian informasi, begitu juga dengan media konvensional seperti koran-koran (media cetak) bisa dikatakan sudah dilupakan dan diabaikan oleh masyarakat tetapi banyak juga masyarakat yang masih membutuhkan koran sebagai media pengantar informasi yang sudah ada dari sejak zaman dimana media cyber belum terkenal. Karena media koran termasuk media yang mudah ditemukan, praktis, bisa dibawa untuk dibaca di mana saja, bisa dibaca dengan berulang-ulang. Dengan adanya ledakan media-media baru yang ada sekarang ini justru membuat media koran dan wartawan menjadi sangat penting lagi dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Karena apabila tidak ada wartawan yang bertugas dalam pencarian berita maka arti media-media baru berfungsi sebagai perantara dalam menyampaikan informasi.

Comments (0)

Posting Komentar