Net Gain: Kesempatan Jurnalis di usia Interaktif

Posted by Digit Galih Editya | Posted on 4/28/2011 08:29:00 AM

Apakah wartawan profesional akan dibutuhkan bahkan di zaman ketika orang bisa mendapatkan berita mereka" tanpa filter" dengan proses editorial? Ya, wartawan profesional masih selalu dibutuhkan ketika orang bisa mendapatkan berita mereka “tanpa filter” dengan proses editorial karena bagaimanapun wartawan bertugas dan bertanggung jawab dalam mencari, mendapatkan, menulis, dan menyajikan berita-berita bersifat update, faktual, fakta dan terpercaya yang ada maka sebagai seorang wartawan harus memiliki tanggung jawab atas berita yang dibuatnya.
Apa peran wartawan ketika siapapun yang memiliki komputer dan koneksi internet bisa mengklaim seorang reporter, editor dan penerbit? Seorang wartawan bisa saja mengusut atas tindakan pengklaiman yang terjadi dalam dunia cyber. Dan pastinya perusahaan yang menangani korban (reporter, editor, penerbit) bisa melaporkannya kepada pihak yang berwajib atas pencemaran nama baik mereka bahkan mendapatkan sanksi atau denda sesuai tindakan pengklaiman tersebut. Karena bagaimanapun semua berita pasti berasal dari seorang wartawan.
Bagaimana dengan penonton? Berikan penjelasan tentang penurunan kewaspadaan editorial tradisional, apakah yang konsumen berita lakukan sekarang sudah memiliki tanggung jawab untuk menjadi lebih pintar dalam mencari informasi? Penurunan kewaspadaan editorial tradisional semenjak adanya media internet karena berita yang disajikan dimedia internet lebih update dibanding media konvensional

Comments (0)

Posting Komentar